para pendiri bangsa dari minangkabau (sumatera barat)

Senin, 26 Januari 2015

aneka tips



TIPS MENGELOLA USAHA RUMAH KOST YANG EFEKTIF

                                                                                                                          Oleh : Rahmato Ismail

     Bila anda sebagai pemilik dan pengelola rumah kost atau anda yang ingin punya usaha kost di rumah atau di tempat lain. Berikut tips dari penulis yang pernah mengelola usaha kost milik orang tua. Dalam mengelola usaha kost agar efektif maka penulis memberikan tips sebagai berikut:

  1. Agar peminat yang ingin mencari kamar kost tahu bahwa anda menerima kost, pasanglah papan nama/plang dengan tulisan singkat tapi jelas. Misalnya "TERIMA KOST' atau "Terima Kost Untuk Karyawan/Karyawati" dengan tulisan yang berwarna terang di depan rumah anda.
  2. Bila kamar-kamar kost belum terisi semua (misalnya ada 5 kamar tapi baru terisi 2), tempelkan selebaran/tulisan yang memberitahukan usaha jasa kost anda di wilayah anda terutama di tempat-tempat dekat perkantoran, Mall, Pasar, Warteg dan tempat-tempat dekat keramaian lainnya.
  3. Tetapkan harga per kamar (termasuk/tidak termasuk biaya listrik, cuci gosok). Bila calon penghuni ingin memakai televisi (TV), kulkas, dispenser sendiri di kamarnya jika harga yang ditetapkan tidak termasuk biaya listrik peralatan elektronik tsb, tetapkan biaya tambahan yang akan dibebankan kepada calon penghuni untuk pemakaian alat elektronik tsb. Dan biaya tambahan tsb disatukan dengan harga kost/kamar.
  4. Usaha kamar kost biasanya sudah terisi fasilitas tempat tidur, lemari, meja kecil dan kipas angin/AC dan beritahukan fasilitas tsb yang disediakan oleh calon penghuni bila belum melihat fasilitas yang disediakan dalam kamar kost.
  5. Bila peminat kost yang ingin melihat kondisi kamar kost bukan calon penghuni/melalui temannya dsb atau bukan orangnya langsung katakan saja dengan sopan bahwa kamar kost hanya dapat dilihat langsung oleh calon penghuni. Jadi calon penghuni berminat/tidak berminat anda sudah melayaninya dan tidak menunggu-nunggu janji dari temannya/wakilnya/perantara untuk menghubungi calon penghuni yang belum pasti kapan datangnya.
  6.  Bila peminat/calon penghuni belum sepakat dengan harga yang ditetapkan dan terjadi tawar-menawar harga (kalau bisa ditawar) atau setuju dengan harga yang disepakati mintalah tanda jadi/uang muka/DP agar ada keterikatan untuk peminat/calon penghuni bahwa kamar kost akan ditempatinya dan tidak akan diberikan kepada peminat lain sampai batas waktu yang ditentukan.
  7. Dari point 6 tsb diatas, tanda jadi/DP yang sudah diberikan (nilainya sesuai kesepakatan diantara pengelola kost dan calon penghuni) harus ditetapkan berapa lama uang muka itu berlaku. Maksudnya dari uang muka yang telah diberikan calon penghuni disepakati berapa lama (berapa hari) sampai calon penghuni akan jadi menempati. Dan katakan pada calon penghuni jika sampai waktu/tanggal yang ditetapkan dibatalkan/tidak jadi menempati maka uang muka/tanda jadi tidak dapat dikembalikan/hangus. 
  8. Dalam pelunasan pembayaran bila calon penghuni meminta kwitansi/tanda bukti pembayaran harus dilayani dan siapkan 1 (satu) buku kwitansi agar anda tidak mesti membeli selembar-selembar karena membuang waktu dan tenaga. Tapi bila calon penghuni tidak memintanya memang calon penghuni percaya pada anda. Dan beritahukan kepada calon penghuni  tanggal mulai masuk bila tanpa kwitansi. Catatlah nama penghuni dan tanggal masuknya serta harga kostnya dalam buku catatan anda.
  9. Periksa kamar penghuni kost yang tidak meneruskan/pindah dan perhatikan bila ada kekurangan perlengkapan. Jika ditemukan kerusakan pada fasilitas/kelengkapan kamar segera perbaiki baik fasilitasnya maupun kondisi kamar. Usahakan selalu bersih dan lengkap fasilitasnya dan jangan diinapkan/ditempati walaupun sementara karena masih kosong sebab calon penghuni akan berminat/tertarik bila kondisi kamar kost dalam keadaan bersih dan rapi serta siap untuk ditempati.
  10. Buatlah tulisan-tulisan pada kertas atau media lain untuk pemberitahuan kepada para penghuni kost tentang ketertiban rumah kost dan tempel pada tempat yang ditentukan atau mudah dilihat oleh penghuni kost. Jadi anda tidak perlu memberitahukannya secara lisan dan berulang-ulang kepada setiap penghuni/calon penghuni kost. Misalnya tulisan "Keluar masuk pintu mohon ditutup kembali" Dll.
  11. Terakhir, berilah atau tempelkan Nomor kamar kost pada setiap kamar kost untuk memudahkan administrasi pencatatan anda, biasanya pada setiap pintu kamar kost secara berurutan misalnya : No.1, No.2 dst sampai kamar kost terakhir. Dan tempelkan pemberitahuan pada Kamar mandi/Toilet rumah kost baik yang khusus hanya untuk penghuni kost maupun bila anda juga memakainya. Misalnya tulisan "Mohon Untuk tidak Membuang tissue/pembalut ke dalam lobang WC/saluran air" karena pemberitahuan ini sangat penting agar saluran air dalam WC tidak mampet atau saluran lobang WC tidak mampet/tersumbat, karena bila hal ini terjadi maka akan merepotkan anda sebagai pemilik/pengelola. 
                     Demikian sekelumit Tips dari penulis dalam mengelola usaha rumah kost agar efektif.

                     Penulis adalah Guru Bahasa Inggris, Komputer dan internet dan Wartawan freelance.
                     email address: rahmato.ismail@gmail.com
                     phone: 081293487905